Internet bebas berbasis ensiklopedia, merupakan produk dari
New Media, New Media mendefinisikan sebagai produk dari teknologi komunikasi mediasi
datang bersama-sama dengan komputer digital. Sebelum tahun 1980-an media diandalkan
terutama pada percetakan dan model analog seperti koran, bioskop televisi, dan radio.
Sekarang kita punya radio televisi, digital dan bioskop, sementara bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital baru seperti perangkat lunak manipulasi gambar
seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing. Beberapa teknologi kita mungkin
termasuk sebagai atau asosiasi dengan New Media:
- Internet dan World Wide Web
- Televisi Digital
- Digital Cinema
- Komputer Pribadi (PC)
- DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc)
- CD (Compact Disc)
- Komputer Pribadi (PC)
- Portable Media Players (seperti MP3 Player)
- Handphone (atau your) Telepon
- Video (atau Komputer) Game
- Virtual Reality (VR)
- Kecerdasan Buatan (AI)
New Media mungkinbukan istilah ideal untuk berbagai teknologi, tapi itu adalah salah
yang semakin diakui secara internasional dan salah satu yang umumnya terkait
dengan transformasi teknologi komunikasi yang baru saja diambil
tempat. Jadi,apa saja beberapa perbedaan utama antara digital dan analog
media? Pertama, media digital melampaui teknologi analog dalam hal ini adalah mudah dipindahtangankan
di seluruh platform media jelas berbeda, itu mudah dimanipulasi dan jaringan,
dapat disimpan dan diakses dari jarak jauh atau didistribusikan dan lebih tahan terhadap
korupsi selama penyimpanan atau transmisi. Kedua, data digital juga lebih mudah untuk
memanipulasi, dan hasil akhirnya dapat direproduksi tanpa batas tanpa kehilangan
kualitas. Singkatnya, materi digital melebihi sistem analog dalam hal kecepatan, kualitas
dan kinerja.
Di jantung ini pergeseran budaya duduk Internet, jaringan utama
jaringan. Dengan akarnya pada 1950-an dan 1960-an, internet kami tidak terlalu
baru sendiri. Apa yang baru adalah rangkaian yang saling terikat jaringan komputer
bersama oleh satelit, kabel nirkabel, serat optik dan kawat yang telah memungkinkan
model tradisional komunikasi massa untuk secara radikal diubah. Melalui keyworddriven
Mesin pencari internet seperti 'Yahoo', 'Lycos', 'Ask Jeeves', 'Alta Vista dan
'Google', jutaan orang di seluruh dunia sekarang memiliki akses cepat dan mudah ke yang luas dan
jumlah beragam informasi secara online. Dibandingkan dengan ensiklopedia dan tradisional
perpustakaan, Web World Wide telah memungkinkan sebuah 'desentralisasi' tiba-tiba dan ekstrim
informasi (lihat Bab 9). Menurut Internet World Stats (2007), pada 30 Desember,
2007, 1319000000 orang menggunakan Internet (lihat www.internetworldstats.com/
2 DIGITAL BUDAYA
stats.htm). Ini adalah sosok yang mengejutkan untuk bentuk teknologi yang hanya benar-benar menjadi
diakses oleh kebanyakan orang pada 1990-an ketika komputer pribadi pertama menjadi
terjangkau (lihat Lampiran: New Media - garis waktu).
Namun, sementara Internet biasanya diidentifikasi dengan Media Baru. Komputer telah digunakan untuk mengkoordinasi informasi di beberapa lokasi
sejak awal 1950-an. Periode ini sekarang umumnya dikenal sebagai 'generasi pertama' dari
teknologi komputer yang terutama dikendalikan melalui mekanis atau elektromekanis
perangkat. Sebaliknya, 'generasi kedua' komputer biasanya dihubungkan
dengan mereka yang bekerja dengan menggunakan tabung vakum. Pada hari-hari, komputer dengan
memori kurang dari satu megabyte akan mengisi seperempat lapangan sepak bola. Dengan
kedatangan transistor diskrit dan SSI-, MSI-, LSI-sirkuit terpadu pada tahun 1970 sehingga
Sistem komputer generasi ketiga 'yang diproduksi digembar-gemborkan lebih portabel
minicomputer. Tak pelak lagi, generasi ini juga akan digantikan oleh 'keempat
generasi 'yang sekarang saat ini menggunakan VLSI sirkuit terpadu yang diproduksi pertama
komputer pribadi atau desktop (paling sering diidentifikasi dengan arus 'Baru
) Media '.Namun, ini jelas bukan akhir dari pengembangan komputer; dengan 'kelima
generasi 'komputer (saat ini pada tahap teoritis atau eksperimental) cenderung
menghasilkan komputer kuantum, komputer kimia, komputasi DNA, komputer optik
dan Spintronics komputer berbasis (suatu bentuk magnetoelectronics yang mengeksploitasi
negara kuantum spin elektron serta memanfaatkan negara mereka dibebankan).
Sementara itu, meskipun kami yakin bisa membantah bahwa internet adalah bagian dari
New Media, sebagai Internet itu sendiri perubahan sehingga beberapa kritikus berpendapat bahwa sekarang juga
memasuki fase baru dalam perkembangannya, salah satu yang jelas berbeda dari masa lalu.
Memang, beberapa kritikus sekarang berbicara tentang 'Web 2.0', yaitu generasi kedua
berbasis web dan host layanan masyarakat yang berkembang setelah 'kecelakaan dot.com'
(Akhir booming dot.com yang melihat jumlah yang semakin meningkat berbasis web
usaha menghentikan perdagangan) tahun 2001. Sebagai salah satu pencipta asli dari Tim jangka
O'Reilly menjelaskan:
Konsep 'Web 2.0' dimulai dengan sesi konferensi sumbang
antara O'Reilly dan MediaLive Internasional. Dale Dougherty, pelopor web
dan O'Reilly VP, mencatat bahwa jauh dari memiliki 'jatuh', web lebih
penting daripada sebelumnya, dengan aplikasi baru yang menarik dan situs bermunculan
dengan keteraturan mengejutkan. Terlebih lagi, perusahaan yang telah selamat dari
runtuhnya tampaknya memiliki beberapa kesamaan. Mungkinkah bahwa
dot-com runtuh ditandai semacam titik balik untuk web, seperti bahwa
panggilan untuk bertindak seperti 'Web 2.0' mungkin masuk akal? Kami sepakat bahwa hal itu ....
(O'Reilly 2007)
Konsep Web 2.0 adalah berbeda dari Web 1.0 dalam situs yang memungkinkan pengguna
untuk melakukan lebih dari sekedar mengambil informasi, tetapi juga mencakup elemen sosial di mana pengguna
menghasilkan dan mendistribusikan konten, sering dengan kebebasan untuk berbagi dan menggunakan kembali. Contoh
ini akan mencakup situs jaringan sosial (seperti YouTube, MySpace dan
Facebook - lihat Bab 7), wiki (seperti WikiWikiWeb dan Wikipedia - lihat Bab 2)
yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit dan link halaman web dengan mudah dan folksonomies (seperti
Flickr dan del.icio.us), yang memungkinkan pengguna untuk bersama-sama membuat dan mengelola tag untuk
membubuhi keterangan dan mengkategorikan konten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar